Jendela Rumah Jiah

Dengan Membaca, Kita Mengenal Dunia

jeru-ji.blogspot.com by Jiah Al Jafara . Header by Khoirur Rohmah. Diberdayakan oleh Blogger.

Blogtour Giveaway & Review: Besali (Closed)

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Apa yang akan kamu lakukan jika mendapat wasiat berupa sesuatu yang tidak kamu ketahui atau pahami bahkan sulit kamu laksanakan?

"Hidup dan mati seperti musim yang datang dan pergi, bisa lebih lambat atau lebih cepat. Tidak ada yang tahu, tak bisa diramalkan tapi sudah menjadi suatu kepastian" Halaman 18

Lohita Sasi berulang kali membaca surat wasiat dari ayahnya. Besali, kata itu yang kini memakunya. Lohita tak menyangka jika kepergian Ayahnya meninggalkan wasiat yang sulit dilaksanakan. Ayahnya seorang pandai besi terkenal di Pacitan dan meminta Lohita untuk tetap menghidupkan Besali.

Sebagai perempuan, dia tak tahu apa akan akan dilakukan dengan besi tua di bengkel Ayahnya. Dan Sapta, Ayahnya menyebut nama itu. Tapi bagaimana Lohita memintanya sementara jarak terbangun di antara keduanya? Apa yang akan dilakukan Lohita?


Judul: Besali
Penulis: Shabrina Ws
Penyunting: Avifah Ve
Penyelaras Akhir: Athena
Cetakan Pertama: 2019
Penerbit: Laksana
Halaman: 292
ISBN: 978-602-407-560-6

Review Besali


"Mereka yang telah pergi telah menyelesaikan tugasnya. Sebagian yang pergi mungkin meninggalkan ruang kosong. Tapi yakinkan Allah akan mempertemukan kita dengan ruang-ruang baru" Halaman 99

Pertama kali baca judul, saya mikir keras apa itu Besali? Jadi Besali adalah bengkel pandai besi atau tempat kerja padai besi. Orang yang bekerja sendiri disebut Pande.

Novel karya Mbak Shabrina Ws ini bercerita tentang Lohita Sasi, seorang gadis yang galau karena diwasiati untuk menghidupkan Besali, bengkel besi Ayahnya. Dia perempuan, tak tahu menahu perihal mande dan lainnya. Bagaimana dia bisa melaksanakan pesan itu coba?

Sebenarnya ada pekerja Ayahnya yang mampu bahkan menguasai Besali. Sapta, dia sudah bekerja pada Pak Pande sejak kecil. Tapi Lohita belum bisa bicara dengan pria itu setelah saling berdiam sekian lama. Tepatnya Lohita yang menjaga jarak karena gosip perihal dirinya dan Sapta. Gosip apa hayo?

Di lain pihak, ada Rey seorang laki-laki yang sering mampir di toko buku Lohita. Rey bekerja di sebuah bank dekat toko dan dia seorang penyair. Lohita dan Rey dekat bahkan Rey jugalah yang menasihati Lohita tentang Besali. Apa yang akan terjadi pada Besali selanjutnya?

"Sering kenangan datang tak bilang-bilang, misalnya saat duduk di meja makan. Kau tak digugah rasa lapar, tapi justru dibanjiri ingatan" Halaman 79

Novel ini berlatar di daerah Pacitan. Terus terang saya belum pernah ke sana. Jadi ketika digambarkan jalan A, B, C saya cuma manggut-manggut. Ada setting laut juga sih sebagai tempat yang dekat dari rumah Sapta. Selebihnya ya toko, rumah Lohita tempat Besali dan beberapa tempat lain.

Alur yang digunakan di novel ini maju, ada flashback sedikit juga. Bahasanya juga mudah dipahami meski ada beberapa typo dari kelebihan huruf, tapi tak ada istilah asing yang bikin kita mengernyit karena ada catatan kakinya.

Awalnya saya kira akan banyak info tentang mande besi. Misal bagaimana cara membakar hingga jadi barang. Memang ada, tapi tidak banyak. Novel ini lebih membahas bagaimana Lohita melaksanakan wasiat Ayahnya. Dia memang kehilangan. Tapi pesan harus tetap dilaksanakan.

"Besar atau kecil, saat kehilangan sama saja kehilangan" Halaman 93

Tentang urusan hati Lohita, entah mengapa dari awal saya kurang suka dengan sosok Rey. Dia baik pada Lohita, tapi radar saya seperti berbunyi nyaring. Saya pikir Lohita hanya merasa menemukan orang yang bisa diajak bicara tentang apa yang sama-sama mereka sukai bukan yang tinggal di hati. Kalau pun ada perasaan sedih, itu adalah hal wajar. Kalau Sapta, entah ya. Dari kata-katanya tuh kadang bikin saya senyum padahal enggak lucu. Mungkin itu pesonanya.

"Seharusnya kau pergi saja. Nggak perlu meninggalkan kenangan. Apa namanya kalau bukan egois, ingin tetap dikenang tapi pergi bersama orang lain. Kau meninggalkanku tetapi kau ingin ditinggalkan dalam ingatan" Halaman 254

"Sebagian orang memilih memperhatikan diam-diam. Sebagian lagi mengatakan terang-terangan" Halaman 31

Ayah Lohita tuh mengingatkan saya sama Bapak. Memang tidak secara langsung dengan obrolan-obrolan seperti Ayah Lohita, tapi saya setuju bahwa menjaga dan mendididik anak agar menjaga diri tuh penting baik laki-laki maupun perempuan. Dan walaupun sudah tidak ada yang 'mengawasi', Lohita tetap menjalankan nasihat Ayahnya.

"Tidak seperti pernikahan, jatuh cinta tidak bisa direncanakan" Halaman 215

Menurut saya, novel ini layak dibaca karena kita juga bisa belajar tentang melaksanakan sebuah wasiat. Karena yang lebih berat dari menerima adalah menjaga (Halaman 167) wasiat itu sendiri.

Blogtour & Giveaway Time!


Setelah baca review ala saya, saatnya nih buat giveaway! Hadiahnya 1 novel Besali GRATIS dari DIVA Press! Semua orang boleh ikut asal punya alamat Indonesia ya!

Syarat & Ketentuan:
1. Follow Twitter atau IG @laksana_fiction
2. Share info blogtour ini di salah satu sosial mediamu dengan hastag #BlogtourBesali lalu mention @laksana_fiction dan @jiahaljafara (Twitter) @jerujiah (IG) dan Jiah Al Jafara (Facebook) dan ajak 3 teman buat ikutan
3. Jawab pertanyaan:

"Wasiat apa sih yang menurutmu sulit untuk dilakuan dan kenapa? Kasih alasannya ya!"

4. Format jawaban:
Nama:
Akun Sosmed:
Link Share:
Jawaban:

Giveaway ini saya buka sampai tanggal 7 Juli pukul 23.59 WIB. Untuk pemenang nanti saya umumkan di postingan ini juga. Jadi, yuk pada ikutan!

UPDATE PEMENANG (10 Juli 2019)

Selamat buat @amma_chemist

Pemenang akan saya hubungi dengan jaringan pribadi. Terima kasih juga buat semua yang sudah ikutan. Bagi yang belum beruntung, yuk ke https://luckty.wordpress.com/2019/07/08/blogtour-review-besali-giveaway/ buat ikutan #BlogtourBesali!

Sampai jumpa. Happy blogging!

56 komentar

  1. Jiah, aku ikutan yaaa dan semoga beruntung nih, biar ada bahan untuk ngisi blog buku yang udah lama kena sarang laba-laba :))

    Nama: Uniek Kaswarganti
    Akun Sosmed: @uniekkas (twitter)
    Link Share: https://twitter.com/uniekkas/status/1145610889875185665
    Jawaban: Wasiat yang paling sulit dilakukan adalah ketika si pemberi wasiat adalah orang yang sangat kita sayangi, namun meninggalkan tugas agar kita mengerjakan hal-hal yang amat tidak kita sukai. Mau tidak dilaksanakan kok ya berasa tidak amanah, ketika mau dilaksanakan kok terasa mengingkari hati nurani. Serba salah kan.

    BalasHapus
  2. Mau ikut GA tapi dari tadi Twitter aku gak bisa mensyen n hestek setelah share 😅 ntar coba aku ulang deh

    BalasHapus
  3. Sukses GA-nya ya, Jiah.
    Dari pertanyaan GA-nya, saya mendapat pesan moral, kalau nanti harus berwasiat, jangan memberatkan mereka yang menerima wasiat.

    BalasHapus
  4. Wah pengen baca Besali juga. Hm, wasiat apa yg paling sulit dilakukan ya? Mikir sik ah.. sukses GAnya Jiah..

    BalasHapus
  5. Buku yang menarik. Memang benar, melaksanakan wasiat itu susah karena nggak selalu sesuai dengan hati kita. Semoga sukses GAnya.

    BalasHapus
  6. Asik banget nih ada GA buku Besali, kebetulan keluarga papaku ada beberapa di Pacitan jadi sedikit paham mengenai daerah sana. Kalau menurutku wasiat yang paling sulit adalah wasiat yang diberikan oleh keluarga terdekat yang ternyata kadang gak bisa kita tebak atau bahkan sulit untuk menjalankan dan merasa tidak mampu.

    BalasHapus
  7. Bukunya menariikk bgt ya mak.
    Shabrina WS emang udah punya branding keren sbg novelis
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  8. Wah, Shabrina WS keluarin novel baru lagi, selalu unik tema dan idenya kalau dia yang bikin, udah lama ngga kontak, cari bukunya ah..keren..

    BalasHapus
  9. wH mba jiah punya blog lain yaa, ak kayaknya baru sekali ini mampir kesini hehe.Ini blog khusus bahas sinopsis buku ya mba?

    BalasHapus
  10. Wah asyik nih Jiah ngadain GA!
    Sok atuh mensyen aku di twiter biar aku bantuin retweet biar rame GA-nya hehehe

    BalasHapus
  11. Bener nih.. kalau nanti sudah tua jangan memberi wasiat yang ribet buat anak cucu yang masih hidup yaa.. sukses GA nya ��

    BalasHapus
  12. Ikut yaaa, Ji 😊
    Nama: Irawati Hamid
    Akun Sosmed: @Ira_Hamid16
    Link Share: https://twitter.com/Ira_Hamid16/status/1146095758191415297?s=19

    Jawaban: menikah dengan seseorang yang tidak dicintai 😊

    BalasHapus
  13. Nama: Farida Endah
    Akun Sosmed: twitter @farida_271
    Link Share:https://twitter.com/farida_271/status/1146117416721629185
    Jawaban:menikah, menikah dengan si X.... horor aja ngebayanginnya meski kita tidak tahu ending dari pernikahan itu nantiny bagaimana... bukan hanya menikah saja, melakukan apa yang tidak sesuai dengan hati nurani/keinginan. pasti berat kan, di satu sisi wasiat harus wajib dijalankan dan di satu sisi itu menjadi pertentangan di dalam hati.

    BalasHapus
  14. Wah kebetulan sekali penasaran sama buku Besali ini. Ikutan ya, Mbak Jiah.

    Nama: Rahmah
    Akun Sosmed:@amma_chemist (Twitter)
    Link Share:
    https://mobile.twitter.com/amma_chemist/status/1146177835461009408

    Jawaban: Wasiat yang paling sulit untuk aku lakukan adalah mengunjungi keluarga almarhum Ayah untuk terus menyambung silaturahim di salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan.

    Alasannya karena posisi saya di Jawa dan tidak memungkinkan untuk itu. Lalu, mungkin ada yang berpikir soal silaturahim di jalin di media sosial atau ponsel, tapi sayangnya tidak semua bisa saya jangkau.

    Hal kedua yang sulit saya jalankan adalah wasiat untuk jadi PNS. Maasyaa Allah di Jawa persaingannya sungguh ketat. Kalau saya mau terus jadi PNS harus keluar pulau lagi sementara saya tidak bisa karena ada amanah berupa anak dan suami yang harus saya urus sebagai prioritas dalam kehidupan saya sekarang. Apalagi sedang mengandung anak kedua.

    Semoga Allah memahamkan almarhum Ayah saya di sana dan tidak dianggap sebagai anak durhaka

    BalasHapus
  15. Mbaa, aku nggak punya pengalaman nih mba yang seperti itu. Sukses giveawaynya y

    BalasHapus
  16. Wah asyik nih..suka sama gaya bertutur nya... Jd pemasaran jg dgn kisah kasih di dalamnya ..adakah hahaha...

    BalasHapus
  17. sepertinya bagus ya novel besali ini, jadi penasaran sama Septa.Hihi. Aku mau ikutan GAnya ah, tunggu dulu, aku mikir jawabannya dl yaaaaaa

    BalasHapus
  18. Sepertinya novelnya bagus nih. Pengen baca juga eh tapi masih mikir2 buat ikut GAnya karena saya jarang online di Twitter. Tapi kalau jadi ikut GAnya nanti saya kembali lagi ke sini buat jawab pertanyaan di atas. Masih mikir2 juga nih wasiat apa yang paling susah dijalankan ya, hehe

    BalasHapus
  19. Pande besi Dan kisah percintaaan dijadikan Satu cerita yang menjadi menarik ya, Ji. Udah lama gak denger Dan Baca Pande,

    BalasHapus
  20. tes tes tes semoga sukses ya mba GAnya ��aku uda lama ga ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun akhirnya bisa komen di sini susah banget gusti...

      hahahaa

      sukses mba GAnya aku uda lama ga ikut Ga

      Hapus
  21. Wasiat yang paling susah untuk dilaksanakan adalah saat Babe rahimahullah menasehatiku untuk senantiasa menjaga anak-anak.

    Walau aku tahu, anak memang tanggung jawab kedua orangtuanya...namun, maksud Babe tentu bukan hanya itu, tapi lebih kepada menjaga akhlak dan akidah anak-anak.

    Yang itu berarti untuk tidak berhenti menuntut ilmu, walaupun sudah menjadi Ibu.

    BalasHapus
  22. Pengen baca Besali, cuplikan kata-kata dari novel ini manis banget ya. Salah satu yang aku suka yang ini nih: "Sering kenangan datang tak bilang-bilang, misalnya saat duduk di meja makan. Kau tak digugah rasa lapar, tapi justru dibanjiri ingatan"

    BalasHapus
  23. Haduuhh aq jadi penasaran terus kelanjutannya gimana? apa yang dilakuin ama Lohita buat memnuhi wasiat bapaknya. Aq pengen ikutan sih, tapi bingung mau jawabnya. Hahahha. belum pernah dapet wasiat apapun soalnya. Gmn mbak?

    BalasHapus
  24. Kira-kira gimana ya kelanjutannya? Wah jadi penasaran nih, semoga saya dapet bukunya, amiin.
    Nama:Eni Rahayu
    Akun Sosmed:IG (bundadzakiyyah), TW (bunda_dzakiyyah) FB (EniBundaKhansa)
    Link Share:https://www.facebook.com/EniBundaKhansa/posts/1578650202268067?__xts__%5B0%5D=68.ARAWdAe3wpR2Dp7cEpPgJwQTo1KGn-x6ctHqoy_1K2wVsDW5WGg1CoBaeitG_F2O_jSlLDdDQqfK5IGOU2IFGwXCnYhn0s20G3yKM25vJJGg0qaCWZ-dlxkbr3rTpCpz3L6Y6OLQHIDj6pgufcK6mRE5Yvq-y4hgHZ6j9-YefSRONjw6LGx14rUUTvdV3vZCM99yO_qpSXIDUavo&__tn__=-R
    Jawaban:
    Wasiat yang sulit dilaksanakan adalah wasiat yang mengandung teka-teki, tidak disampaikan secara langsung atau berupa catatan yang harus dipecahkan.

    BalasHapus
  25. Aku juga baru tahu ttg Besali,kalau Pande udah tahu dari dulu.Kayaknya menarik novel ini.Mengangkat tema yang bakalan gak jauh-jauh dari yg ada di sekitar kita. Terbitan 2019 pula.Berarti masih baru banget ya, pasti masih ada di tokbuk.

    BalasHapus
  26. Jiah...
    Aku ikutan giveaway, yak^^

    Baidewei, boleh dong spoiler, "Jadiankah Sapta sama Lohita?
    Bahahaha...

    Nama : Rosanna Simanjuntak

    Akun sosmed (twitter): @rosannaiqbal

    Link Share: https://twitter.com/rosannaiqbal/status/1146354053800050688

    Jawaban:
    Wasiat yang sulit dilakukan adalah, mengeksekusi wasiat yang tidak sesuai syariat!


    BalasHapus
  27. Quote yang ada di dalam buku itu bagus dan mengena. Paling menyentuh, ""Besar atau kecil, saat kehilangan sama saja kehilangan"

    Bener banget, mau seperti apapun, kehilangan ya tetap kehilangan yang kadang bisa menyakitkan.

    Oh ya, saya juga baru tahu kalau Besali itu bengkel besi. Berat memang untuk melaksanakan wasiat Bapaknya. Semoga Lohita bisa melaksanakan dan menjaga wasiat itu.

    BalasHapus
  28. Wasiat yang sulit dilakukan yang kaitannya dengan masa depan personal seperti jodoh dan pekerjaan. Karena yang paling tahu diri kita adalah diri kita sendiri

    BalasHapus
  29. Bismillah.

    Pertama kalinya setelah sekian lama nggak ikut giveaway nih, kak. Hehe.

    Nama : Rizka Berlianti
    Akun sosmed : @ikabrl (twitter)
    Link : https://twitter.com/ikabrl/status/1146386765814489088

    Menurutku, wasiat yang sulit dilakukan adalah suatu permintaan yang tak bisa atau bahkan tak sanggup untuk dipenuhi, apalagi sampai harus mengorbankan sesuatu/seseorang yang kita sayangi.

    BalasHapus
  30. Jangan pengen baca novelnya ...novel2 mba shabrina bagus

    BalasHapus
  31. Boleh nih mba buat referensi tambahan buku kepingin Tau bnget endingnya dah gitu aku Blum pernah k daerah pacitan bisa nambah tau ini

    BalasHapus
  32. Novel besali ini bisa jadi rekomendasi buku yang keren dan inspiratif ya kak.. Apalagi ada GA nya gini..

    BalasHapus
  33. Oh Besali ini bengkel pandai besi ya. Bisa aja nih Mba Shabrina cari idenya. Aku kok jadi ingat pabrik keris wkwk

    BalasHapus
  34. Berat juga ya tanggung jawab yang harus dipikul oleh Lohita. Harus melanjutkan bengkel pandai besi milik almarhum ayahnya tanpa dia sendiri tau apa2 tentang dunia tersebut. Kayaknya seru nih kisah Lohita untuk diikuti.

    BalasHapus
  35. Nama : Hamdatun Nupus
    Akun Sosmed (Twitter) : @HamdatunNupus
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/1146744584652767232
    Jawaban : "Menyatukan sesuatu yang sudah terlanjur pecah", gak jauh2 deh dari pengalaman pribadi, aku sama kakak-kakak ku gak akur, terlalu banyak hal lah yang terjadi di antara kita dan akan sulit banget buat nyatu, seandainya dulu alm.Bapak berwasiat untuk nyatuin kita lagi kayaknya menjadi amat sangat berat buat kita semua. Kita udah terlanjur jalan sendiri-sendiri dan entah kenapa aku ngerasa malah jadi makin kacau kalo berupaya untuk ngewujudin momen itu :(

    BalasHapus
  36. Wah udah lama ga ikut GA hehe :D reviewnya kak Jiah bikin pengin baca bukunya juga nih, apa endingnya menikah dengan Sapta? Hehe. Penasaran isi novelnya krn dibilang besalinya agak kurang kalau yg ttg proses besi2, yg harusnya bisa jadi nilai tambah.

    Aku suka bgt kalimat yg hanya menemukan org yg sama2 menyukai satu hal, bukan utk tempat d hati hehehe

    BalasHapus
  37. Nama:Elsita F Mokodompit
    Akun Sosmed: Twitter @sitasiska95
    Link Share: https://twitter.com/sitasiska95/status/1147098453614272512
    Jawaban: Wasiat untuk menikahi seseorang. Susah banget itu karena yang namanya pernikahan bukan perkara main-main. Sementara wasiat adalah amanah. Apalagi kalau kita diminta untuk menikah dengan orang yang tidak kita kenal atau orang yang tidak kita suka. Perkara perasaan juga pasti ikut menjadi bahan pertimbangan yang memberatkan. Atau misal kita sebenarnya sudah punya pilihan pasangan hidup sendiri. Sulit banget untuk memutuskan, kiranya ada amalan yang bisa menggugurkan wasiat seberat itu, yang mengalami mungkin akan berusaha melakukannya

    BalasHapus
  38. Nama: Bety Kusumawardhani
    Akun sosmed: @bety_wardhani (twitter)
    Link share: https://twitter.com/bety_wardhani/status/1147120824362471424?s=20

    Wasiat yang sulit untuk dilakukan adalah wasiat untuk mengubah sesuatu yang sudah ada pada diriku sejak lahir karena permintaan tanpa menanyakan kesanggupan, itu sungguh bertentangan dengan hak kebebasan individu.

    BalasHapus
  39. Nama:Fina Alfina
    Sosial media:fasofwafa (Twitter)
    Link:https://twitter.com/fasofwafa/status/1147159884338565120?s=19
    Jawaban:menurutku ya kak, wasiat yang sulit dilakukan itu menyama ratakan warisan sesuai kaidah. Kenapa sulit? Karena jaman sekarang sulit menemukan orang yg ahli dalam hal waris, apalagi jaman sekarang orang pada serakah sama harta. Harusnya ini bagiannya segini, eh nggak mau. Jadi berantem. Sekarang itu orang pada ngincer warisan, susah aja bagiin rata. Pasti ada yg berantem. Kan kasian yang meninggal

    BalasHapus
  40. Waah aku batu tau Besali lho masaaa... Btw reviewnya kak jiah menarik bgt bikin pengen baca. Mantul banget deh Giveaway nyaaaa.

    BalasHapus
  41. Novelnya menarik, aku jadi penasaran sama akhirnya nasib besali itu gimana. Kayaknya perlu cari bukunya.

    BalasHapus
  42. Belum berani membayangkan tentang wasiat. Tapi satu yang bisa dipetik tentang wasiat, karena kita tidak tahu durasi kita di dunia, mmg sdh seharusnya menyiapkan wasiat guna meringankan beban keluarga & mencegah salah paham.

    BalasHapus
  43. Halo Mbak Jiah
    Aku mau ikutan meramaikan yah mbak hehehe

    Nama: Rohmah
    Akun Sosmed: @rohmahdg (Twitter)
    Link Share: https://twitter.com/Rohmahdg
    Jawaban: Wasiat yang disampaikan secara tidak langsung dari bapak yang tak pernah ada/ menemani semenjak putrinya kecil. JAdi beliau hanya berpesan melalui mantan istrinya dan disampaikan begitu si anak udah dewasa.
    Pengennya melakukan, tapi nggak tahu sama yg kasih wasiat, dan beliau itu benar ada atau emang sudah nggak ada, karena nggak ada komunikasi.
    Kalau buatku sulitnya bukan nggak bisa melakukan wasiat tersebut. Tapi, apakah beliau juga menjalankan apa yg diwasiatkan tersebut secara tidak langsung.

    Yah gitu dah mbak hheee
    Semoga banyak pasrtisipannya ya mbak ^_^

    BalasHapus
  44. Yang namanya wasiat ya kudu diikuti apalagi dari orang yang penting. Berat juga ya tanggung jawab yang harus dipikul oleh Lohita. Harus melanjutkan bengkel pandai besi milik almarhum ayahnya tanpa dia sendiri tau apa2 tentang dunia tersebut. Kayaknya seru nih kisah Lohita untuk diikuti.
    Pasti banyak hal yang harus dioeraiapkan dan dipelajari. Semoga beruntung bagi yang ikutan GA

    BalasHapus
  45. Aku pikir td apa gtu Besali ternyata ada hubungannya dengan pandai besi ya mbak. Aku jd penasaran pengen baca novelnya. Kyknya nuansa romansanya agak njlimet ya, jg beehubungan sama sikap2 hidup gtu. Moga sukses GA-nya yaa

    BalasHapus
  46. Hal yang buat menarik dari baca novel ialah kita yang dituntut untuk berimajinasi sembari perlahan-lahan membaca kata demi kata. Sepertinya menarik banget Besali. Jadi penasaran juga.

    BalasHapus
  47. Hmm....apa ya wasiat yang pernah aku terima, tapi sulit dijalankan? Kayanya gak ada sih, paling inget kalau nenekku selalu mengingatkan soal sholat lima waktu dan lainnya. Trus semua perkataan dan ajaran beliau masih keingetan. Walah aku jadi ngelantur nih Ji, baca review novel ini otomatis jadi inget almarhumah nenek.

    BalasHapus
  48. Buku yang menarik sekali. Kita jadi lebih tau bagaimana melaksanakan sebuah wasiat.

    Sukses dengan GA-nya ya Mbak.

    BalasHapus
  49. Wah, sukses ya giveawaynya, merupakan sebuah pencapaian bisa memberi sesuatu yang lebih untuk orang lain.

    BalasHapus
  50. wah bisa mewek-mewek nih gw baca novelnya...
    indeed banget... lebih berat dari menerima adalah MENJAGA....( mempertahankan )
    ya kenangan datang tak pernah bilang-bilang sampai akhirnya kita larut dalam kenangan detik itu juga entah kenangan pait atau manis. sukses give a way nya kak

    BalasHapus
  51. Ikut ya Kak. Pengen banget-nget novelnya, tapi belum ada dana buat beli.

    Nama : Fitya Ulya
    Akun Sosmed : @fityaulya
    Link share : https://www.instagram.com/p/BzlppIcgSv_/?igshid=18g4imbczgkbf
    Jawaban : Wasiat yang penuh teka-teki. Karena kalo jelas wasiatnya, sulit atau gak itu tergantung niat kita, sesulit-sulitnya masih bisa diusahakan lah ya. Tapi kalo penuh teka-teki, alamat bikin mumet. Hehe...

    BalasHapus
  52. Penasaran dengan novel Besali. Soalnya aku pecinta novel juga mba. Mau ikutan GA nya ah siapatau menang ya kan.

    BalasHapus
  53. Daku kenal dekat sama penulis buku ini, sama-sama aktif di komunitas penulis bacaan anak dan pernah satu workshop :)

    BalasHapus
  54. Halaman 254 kutipannya bikin nyeeessss uwww

    BalasHapus

Komentar, yuk!